Breaking News

BMKG Sebut Pulau Jawa Berpotensi Terkena Tsunami Setinggi 10 Meter


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada potensi ancaman tsunami setinggi 8-10 meter di Pulau Jawa.

Menurut keterangan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, ancaman tsunami besar di Jawa bagian selatan lantaran dipicu oleh sebuah sesar.

Sumber pemicu yang menyebabkan gempa dengan kekuatan tinggi adalah Sesar Opak di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kekuatan magnitudo tertargetnya adalah M6,6 serta dengan sumber subduksi lempeng atau megathrust dengan tertarget M8,7 di selatan Jawa masih terus aktif.

Hal itulah yang bisa menyebabkan tsunami dengan tinggi 8-10 meter di selatan Pulau Jawa.

"Sesar Opak merupakan sumber gempa yang jalurnya terletak di daratan ini memang aktif dan belum berhenti aktivitasnya," jelas Dwikorita Karnawati, dikutip dari Rilis Pers BMKG, (3/8/2023).

"Sedangkan di Samudra Hindia selatan Yogyakarta juga terdapat sumber gempa subduksi lempeng atau megathrust, yang juga masih sangat aktif," Imbuhnya.

Dengan demikian, BMKG berupaya untuk terus melakukan mitigasi kepada masyarakat Bantul dan sekitarnya, mengenai ancaman Tsunami.

"Jadi tidak boleh berhenti upaya mitigasi dan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat," pungkasnya.

Selain mitigasi gempa bumi, masyarakat pesisir pantai juga akan diberi sosialisasi mengenai Tsunami.

Sumber: suara
Foto: Ilustrasi ancaman Tsunami setinggi 10 meter di Jawa bagian selatan. (pexels/George Despiris)
BMKG Sebut Pulau Jawa Berpotensi Terkena Tsunami Setinggi 10 Meter BMKG Sebut Pulau Jawa Berpotensi Terkena Tsunami Setinggi 10 Meter Reviewed by Admin Pusat on Rating: 5

Tidak ada komentar