Breaking News

Komandan Koramil Beserta Anggotanya Terjun Langsung Dalam Pengendalian Hama pada Tanaman Padi


Komando Bhayangkara, Pemalang-Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijaya Kusuma - Para petani sering dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam menjaga produktivitas tanaman padi mereka. Salah satunya adalah serangan hama yang dapat merusak hasil panen. Untuk mengantisipasi hal ini, para petani harus melakukan penanggulangan hama yang tepat dan efektif.Kamis(01/ 08/2024)

Baru-baru ini, kegiatan pengendalian hama pada tanaman padi dilakukan di Desa Sarwodadi, Kecamatan Comal. Acara ini dihadiri oleh beberapa instansi terkait dan petani setempat. Yang menarik, Komandan Koramil 04/Comal beserta anggotanya juga terjun langsung dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dalam menjaga kesehatan tanaman padi milik para petani serta mensukseskan program ketahanan pangan .

Dalam kegiatan ini, jenis insektisida AVIDOR 25wp digunakan sebagai alat untuk mengendalikan hama wereng coklat dan kutu loncat yang sering menyerang tanaman padi. Insektisida ini bersifat sistemik berbentuk tepung yang cukup ampuh dalam membasmi hama pada tanaman padi. Keberhasilan dalam pengendalian hama ini dapat mendukung para petani dalam menjaga hasil panen mereka.
Selama kegiatan berlangsung, suasana cukup kondusif dan aman bagi semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan hama pada tanaman padi. Para petani dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan bersama Babinsa dan Ppl  terkait penanaman dan pengendalian hama pada tanaman padi, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas tanaman mereka.

Dengan terlibatnya instansi terkait dalam kegiatan ini, seperti Danramil 04/Comal, PPL Kecamatan, Babinsa Sarwodadi, serta KKN UIN KH Abdurrahman Wahid, dan petani setempat, membuktikan bahwa kolaborasi antar instansi sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan produksi tanaman padi di Indonesia. Mendukung para petani dalam menjaga tanaman padi mereka dan meningkatkan hasil panen dapat membantu memperkuat ketahanan pangan di masyarakat.

Kapten Arm Andumiyanta menyampaikan " Dalam rangka menjaga produksi tanaman padi, upaya pengendalian hama pada tanaman padi harus tetap dilakukan secara berkala. Namun, perlu diperhatikan dalam penggunaan insektisida untuk menjaga keamanan lingkungan dan kesehatan tanaman padi itu sendiri. Dalam hal ini, kolaborasi antar instansi dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menjaga kesehatan tanaman padi dan meningkatkan produktivitas petani Indonesia dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan " .Pungkasnya
(redMKB)
Komandan Koramil Beserta Anggotanya Terjun Langsung Dalam Pengendalian Hama pada Tanaman Padi Komandan Koramil Beserta Anggotanya Terjun Langsung Dalam Pengendalian Hama pada Tanaman Padi Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar