Breaking News

DISDUKCAPIL dan DINPERMASDES Pemalang Gelar Bimtek Fasilitator Adminduk Desa

Komando Bhayangkara, Pemalang - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DINPERMASDES) Kabupaten Pemalang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Fasilitator Adminduk Desa (FAD) dan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) IT Desa. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para fasilitator dalam mengelola administrasi kependudukan di tingkat desa.
Jumat (20/09/2024)

Bertempat di Gedung RGP Convention Center  Bojongbata, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Bimtek dihadiri oleh Kementerian Desa, Asisten Pemerintahan dan 
Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Drs. Tetuko Raharjo, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) 
Drs. Hendro Susilo, MAP, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Ahmady Stiawan Widatmojo,  AP., M.M dan sejumlah operator IT Kecamatan dan Desa serta  perangkat Desa, serta para fasilitator dari berbagai wilayah.

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T, M.Ling yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan 
Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Drs. Tetuko Raharjo, M.Si 

"Agenda peningkatan kapasitas petugas fasilitator administrasi kependudukan Desa/Kelurahan, operator kecamatan dan membantu kader pemberdayaan masyarakat desa KPMD  Kabupaten Pemalang dan program-program pembangunan Desa selanjutnya, namun demikian validasi data masih perlu untuk ditingkatkan di sisi lain masyarakat semakin meningkat mereka membutuhkan baik di dalamnya pelayanan yang cepat tepat dan akurat, dengan demikian Pemerintah dan saya berkewajiban untuk menyelenggarakan administrasi kependudukan yang berkualitas dan akuntabel.

Diperlukan beberapa faktor pendukung antara lain kerjasama antara instansi yang terkait ketersediaan sarana dan prasarana serta kualitas sumber daya manusia dalam pelaksanaannya selain beberapa faktor pendukung di atas perlu diperhatikan pula mengenai sistem serta pengembangan antara lain meliputi:
# Pertama mobil terdiri dari pelayanan yang cukup. 
# Kedua melakukan kerjasama dengan instansi lain dalam peningkatan kualitas pelayanan seperti dengan Dinas Kesehatan Rumah Sakit maupun rumah sakit bersalin.

# Ketiga pembangunan data Warehouse yang dapat dilaksanakan secara online bukan kepentingan pabrik oleh investasi lainnya. 

Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita kombinasikan dan kita rumuskan bersama langkah-langkah strategis yang harus kita lakukan mendukung terwujudnya setiap administrasi kependudukan di Kabupaten Pemalang. 

Pesan untuk  peserta :
- Pertama selaku instansi pelaksanaan administrasi kependudukan di Kabupaten Pemalang untuk secara berkesinambungan melakukan peningkatan dan inovasi pelayanan, dapat melayani dengan cepat Tepat dan akurat serta membahagiakan masyarakat, lakukan pula koordinasi dengan instansi terkait guna mendukung Tersedianya informasi kependudukan yang akurat

- Kedua layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pola pelayanan yang baru yang lebih dekat dengan masyarakat.

Kepada jajaran dinas Kementerian masyarakat dan pembangunan desa di masyarakat untuk terus menyampaikan informasi kepada masyarakat dan memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya.

Informasi ini sangat penting untuk meningkatkan standar dan akses masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan. Sambutan Bupati yang disampaikan oleh Drs. Tetuko Raharjo, M.Si.


Kemudian Drs. Tetuko Raharjo, M.Si selaku Asisten Pemerintahan dan 
Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah , menambahkan pesan kepada peserta Bimtek bahwa, 
saya tambahkan khusus kepada kawan-kawan Kecamatan sampai Desa Pemerintah Kabupaten Pemalang berharap betul KPMD, apa yang sudah dikerjakan tolong untuk diinformasikan di Media Sosial  hal - hal yang baik. Pemerintah agar mengetahui apa yang sudah kita lakukan perbaikan dan perubahan apa yang ingin terus kita lakukan agar masyarakat di desa-desa di lingkungan kita ini dapat mengetahui bahwa Pemerintah dari tingkat ujung Pemerintah Desa beserta jajarannya sampai Pemerintah Kabupaten provinsi dan pusat tidak tinggal diam tentu masih ada hal yang kurang tetapi Yakinlah bahwa semua tindakan itu mempunyai komitmen dan keinginan besar untuk terus melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

Pendampingan dan dialog interaktif selama Bimtek diharapkan dapat memotivasi para peserta untuk aktif berinovasi dalam menciptakan solusi yang relevan bagi masyarakat desa. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah daerah untuk memperkuat infrastruktur administrasi kependudukan dan memberdayakan masyarakat melalui teknologi dan pengetahuan.

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan para fasilitator akan lebih siap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga dapat mendukung pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Pemalang.
(BondanMKB)
DISDUKCAPIL dan DINPERMASDES Pemalang Gelar Bimtek Fasilitator Adminduk Desa DISDUKCAPIL dan DINPERMASDES Pemalang Gelar Bimtek Fasilitator Adminduk Desa Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar