Breaking News

"Monitoring Pompanisasi sebagai Strategi Babinsa dalam Mendukung Ketahanan Pangan"

Komando Bhayangkara, Pemalang - Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma - Monitoring pompanisasi merupakan salah satu strategi yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 07/Ampelgading, Serda Teguh Abdullah, dalam mendukung ketahanan pangan di Desa Tegalsari timur, Kecamatan Ampelgading. Suplai air dari sumber permukaan dapat meningkatkan indeks pertanaman dan meningkatkan produktivitas pertanian, sehingga pompanisasi diharapkan dapat memberikan manfaat dalam menunjang ketahanan pangan nasional. Jumat,20/09/2024

Pompanisasi memiliki beberapa manfaat, diantaranya
Meningkatkan luas lahan yang ditanam Dengan adanya pompanisasi, sumber air permukaan dapat dimanfaatkan sebagai suplai air bagi tanaman. Sehingga, lahan yang tadinya tidak produktif dapat ditanami dengan komoditas pertanian.

Meningkatkan hasil panen dan produktivitas Suplai air yang cukup dari sumber air permukaan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan mempercepat waktu panen. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Mengubah pola tanam lebih awal Dengan adanya suplai air yang cukup, pertanian dapat ditanam lebih awal dari yang direncanakan. Sehingga, waktu tanam dan panen dapat dipersingkat, dan hasil panen dapat didapat lebih cepat.
Meningkatkan ketahanan terhadap kekeringan, Ketidakpastian cuaca sebab kekeringan yang sering terjadi di musim kemarau dapat menurunkan produktivitas pertanian. Suplai air dari sumber air permukaan dapat menjaga kelembaban tanah, sehingga tanaman dapat bertahan lebih lama dan menghasilkan panen yang lebih baik.

Semakin meningkatnya populasi di Indonesia menimbulkan kebutuhan akan pangan juga semakin meningkat. Pompanisasi menjadi solusi untuk meningkatkan produksi pertanian dan mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional.

Penanaman padi dan jagung merupakan komoditas pertanian andalan di Desa Tegalsaritimur. Pompanisasi di desa tersebut diharapkan dapat  meningkatkan produktivitas pertanian. Sebelumnya, waktu tanam ditunda hingga musim hujan tiba. Namun, dengan adanya pompanisasi, waktu tanam dapat dipercepat dan hasil panen lebih cepat didapat. Selain itu, keberadaan pompa air permukaan juga membantu irigasi air yang terdistribusi merata, sehingga hasil panen menjadi lebih bagus.

Hal ini berhasil ditegaskan oleh Babinsa Desa Tegalsari timur, Serda Teguh Abdullah dalam kegiatannya memonitoring pompanisasi di Desa binannya. Dengan pemanfaatan pompanisasi, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mendukung ketahanan pangan nasional.Pungkasnya
"Monitoring Pompanisasi sebagai Strategi Babinsa dalam Mendukung Ketahanan Pangan" "Monitoring Pompanisasi sebagai Strategi Babinsa dalam Mendukung Ketahanan Pangan" Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar