Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 Hadir Di Pasar Legi, Dukung Salah Satu Penyangga Transaksi Ekonomi di Kota Solo
Dalam upaya untuk menghidupkan kembali pasar rakyat sebagai pusat ekonomi dan sosial masyarakat, Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 kembali hadir di lokasi ketiga, yaitu Pasar Legi Solo, pada 19-20 Oktober 2024. FPR 2024 digagas oleh PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) bersama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), sebagai induk perusahaan, bekerjasama melalui Unit Usaha Syariah dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) sebagai upaya nyata untuk mendukung pasar rakyat dan memajukan ekonomi lokal melalui berbagai program edukasi, pemberdayaan, dan hiburan.
Pasar Legi Solo, yang memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada masa pemerintahan Mangkunegara I, merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di Solo. Setelah melalui revitalisasi pada tahun 2021, pasar ini kini tampil lebih modern dan ramah lingkungan, dilengkapi dengan fasilitas seperti pengelompokan zona pedagang, rubanah/basement untuk bongkar muat barang pedagang dan area parkir bagi pengunjung di lantai atas, serta sistem pembayaran non-tunai melalui QRIS atau dompet digital. Meski begitu, pasar ini masih menghadapi tantangan dalam menarik jumlah pengunjung yang optimal.
Mengutip survei dari Dinas Perdagangan Kota Solo, kapasitas Pasar Legi yang bisa menampung hingga 321 pedagang kios dan 2.918 pedagang los dan pelataran, belum sepenuhnya terisi. Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat terutama setelah pandemi covid-19, maka diperlukan adanya pendekatan yang lebih interaktif dan modern untuk menarik masyarakat kembali ke pasar rakyat.
Melalui FPR 2024, Adira Finance dan mitranya berkomitmen untuk mendukung pengembangan pasar sebagai pusat ekonomi lokal yang dinamis dan inklusif. “Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan ekonomi lokal, kami ingin menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang dan masyarakat di Solo. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong masyarakat kembali ke pasar rakyat, menjadikannya pusat kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya. Dalam semangat kebersamaan, kami turut melibatkan karyawan, untuk berpartisipasi aktif dalam FPR. Keterlibatan ini menjadi wujud nyata, tidak hanya sebagai perusahaan, tetapi juga seluruh tim berkontribusi mewujudkan pasar yang SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, dan Terawat) serta mendukung penguatan ekonomi lokal,” jelas Swandajani Gunadi, Direktur Adira Finance.
Merci Santi Adriani selaku Syariah Funding Business Head Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah) mengatakan, "Kami mendukung kolaborasi berkelanjutan dalam pelaksanaan Festival Pasar Rakyat (FPR) yang diadakan oleh Adira Finance. Pada FPR yang sebelumnya berlangsung di Rangkasbitung dan Kediri, kami melihat antusiasme masyarakat yang positif terhadap produk syariah. Oleh karena itu, Danamon Syariah kembali hadir untuk memberikan edukasi dan literasi Haji bagi para pedagang di Pasar Legi, salah satunya melalui produk Tabungan Rencana Haji yang dapat membantu perencanaan keuangan untuk mewujudkan niat suci beribadah Haji. Tidak hanya itu, para pedagang juga berkesempatan membuka Tabungan Wadiah yang dapat mempermudah transaksi sehari-hari.”
Zurich Syariah juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FPR 2024. Direktur Sales and Distribution, Auralusia Rimadiana, PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), mengungkapkan, “Zurich Syariah menyambut kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan memberikan edukasi keuangan kepada para pedagang dan pengunjung pasar mengenai pentingnya perlindungan asuransi dalam pengelolaan keuangan. Selain itu, Zurich Syariah bersama Adira Finance dan Bank Danamon turut berkontribusi dalam revitalisasi fisik dan non fisik pasar yang diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dan terus digunakan oleh masyarakat Pasar Legi, Solo”.
Festival ini membawa konsep “Pasar Sehat, Hijau, Bersih, dan Terawat (SEJAHTERA) serta Halal” dengan fokus pada beberapa program unggulan, seperti:
1. Digitalisasi dan Literasi Keuangan:
Para pedagang akan diberikan pelatihan tentang pemasaran digital dan literasi keuangan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan Whatsapp Business atau platform e-commerce untuk bertransaksi secara online. Hal ini bertujuan untuk memperluas pasar dan menarik konsumen baru yang sebelumnya belum terjangkau dengan mengikuti perilaku belanja konsumen yang baru.
2. Program Sertifikasi Halal:
Sejalan dengan usia ke-34 tahun Adira Finance di tahun ini, sebanyak 34 pedagang pasar akan dipandu dan dibantu untuk mendapatkan sertifikasi halal, yang tidak hanya membantu mereka memenuhi standar kehalalan produk tetapi juga memberikan nilai tambah untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
3. Revitalisasi Fasilitas Publik:
Perbaikan aksesibilitas seperti penambahan papan penunjuk arah guna memudahkan pengunjung menemukan produk yang mereka cari. Melengkapi sarana dan prasarana tempat ibadah, toilet, dustbin roda dan tempat sampah pilah, serta donasi 50 pohon dan art installation, diadakan untuk menciptakan lingkungan pasar yang nyaman, ramah lingkungan, dan menarik bagi pengunjung.
4. Promosi dan Aktivasi Pasar:
Kompetisi Foto Mural dan Art Installation diadakan untuk mempromosikan Pasar Legi sebagai destinasi wisata yang menarik bagi generasi muda. Ini juga mencakup Kompetisi Video #SahabatPasarRakyat yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mempromosikan pasar melalui konten kreatif di media sosial. Info lengkap mengenai kompetisi ini, cek adira.id/e/fpr24-kompetisifoto dan adira.id/e/kompetisivideo-fpr24.
“Sertifikasi halal di pasar menjadi hal yang penting saat ini, sebab disamping untuk memenuhi regulasi agar kepercayaan masyarakat meningkat terkait produk yang dijual, sekaligus juga dapat meningkatkan daya saing para pedagang di dalamnya” ujar Yusron, Head of Syariah Adira Finance.
Melalui gerakan #SahabatPasarRakyat, FPR 2024 mengajak masyarakat Solo dan sekitarnya untuk turut meramaikan Pasar Legi Solo dan mendukung para pedagang lokal. Surya Almada Syahlani, Head of Regional SSD Jawa Tengah Adira Finance mengajak, “Mari bersama-sama kita meriahkan acara ini dan dukung pasar sebagai pusat ekonomi dan budaya lokal. Kunjungi Pasar Legi pada 19-20 Oktober 2024 dan nikmati berbagai kegiatan seru, mulai dari lomba
mewarnai dan dongeng bagi anak-anak usia sekolah dasar melalui Program Generasi Anak Sayang Pasar, lomba masak antar tim bagi pedagang pasar, pertunjukan musik dan budaya setempat, fashion show dengan memanfaatkan sampah daur ulang di sekitar pasar, fasilitas uji emisi dan test ride kendaraan hingga pameran inklusi keuangan syariah.”
Dalam kesempatan ini, pengunjung pameran yang mengajukan pembiayaan motor akan mendapatkan promo uang muka (DP) ringan, hanya dengan membayar Rp500 ribu, diskon angsuran dan voucher senilai Rp100 ribu untuk pembelian motor merek tertentu. Bagi pengunjung yang tertarik dengan kendaraan ramah lingkungan, Adira Finance menawarkan cashback hingga Rp400 ribu untuk setiap pengajuan pembiayaan sepeda listrik. Konsumen yang membutuhkan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB, Adira Finance memberikan kesempatan mendapatkan cashback hingga Rp1,5 juta. Untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan umroh, akan mendapatkan cashback uang saku senilai Rp1 juta dan tambahan Rp100 ribu adirapoin.
Diah Ambarwati, salah satu pengunjung Pasar Legi, menyampaikan antusiasmenya, “FPR menghadirkan banyak kegiatan menarik yang membuat suasana pasar lebih hidup. Saya yakin, dengan promosi yang lebih gencar melalui media sosial dan online, banyak masyarakat akan kembali tertarik untuk berbelanja di pasar ini.”
Drs. Agus Santoso, M.M. selaku Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta mengatakan, “Kegiatan FPR di Pasar Legi Solo merupakan langkah strategis untuk menghidupkan kembali aktivitas pasar rakyat, sekaligus mendukung kesejahteraan para pedagang dan masyarakat sekitar pasar. Kami dari Dinas Perdagangan dengan penuh komitmen mendukung acara ini sebagai upaya bersama dalam mempromosikan pasar sebagai ruang publik kreatif. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, kami berharap Pasar Legi dapat kembali menjadi pusat aktivitas ekonomi dan budaya yang ramai dan dinamis, serta memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian lokal.”
“Jangan lewatkan keseruan FPR di Pasar Legi Solo pada tanggal 19-20 Oktober 2024! Mari bersama-sama kita meriahkan acara ini dan dukung gerakan #SahabatPasarRakyat dengan berbelanja di pasar rakyat.” Tutup Surya.
Sebagai informasi, pembiayaan baru Adira Finance Area Jawa Tengah hingga Juni 2024 tercatat mencapai Rp1,6 triliun, naik 13% y/y dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Segmen sepeda motor berkontribusi sebesar 53% dari total pembiayaan baru di Jawa Tengah, diikuti segmen mobil sebesar 22%, dan non-otomotif sebesar 25%.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Festival Pasar Rakyat dan berbagai program unggulan yang dihadirkan, kunjungi adira.id/e/FPR24-pr atau ikuti media sosial Adira Finance.
Tentang Adira Finance
PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didirikan pada tahun 1990, awalnya beroperasi sebagai perusahaan pembiayaan mobil, kemudian pada tahun 1997 melebarkan sayap ke pembiayaan sepeda motor. Pada tahun 2004, Adira Finance telah mencatatkan saham di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan kemudian diakuisisi oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Bank Danamon). Saat ini, kepemilikan Bank Danamon di perusahaan adalah 92,07%. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance merupakan bagian dari MUFG Group yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia.
Adira Finance telah menjadi Perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan yang melayani berbagai merek dan produk. Perseroan menyediakan solusi keuangan sesuai dengan siklus hidup pelanggan, mulai dari otomotif (mobil dan motor), alat berat, sepeda listrik, pembiayaan umrah, hingga pinjaman dana tunai tunai dengan jaminan BPKB. Untuk simulasi kredit silakan kunjungi adira.id/e/mpl2024 dan pengajuan kredit silakan kunjungi adira.id/e/mpl2024-form.
Adira Finance memiliki 476 jaringan usaha yang terdiri dari kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Untuk pengalaman transaksi real-time, mudah, aman, dan nyaman, Adira Finance menyediakan aplikasi layanan pelanggan digital Adiraku.
Saat ini Adira Finance memegang Peringkat idAAA dari PEFINDO, dan peringkat kredit internasional BBB dari Fitch dan Baa1 dari Moodys. Peringkat BBB dari Fitch merupakan peringkat investment grade yang setara dengan sovereign rating Indonesia sedangkan peringkat Baa1 dari Moody's lebih tinggi dari sovereign rating Indonesia. Adira Finance melayani 2 juta pelanggan aktif di seluruh Indonesia dengan total piutang yang dikelola sebesar Rp 55,7 triliun (2023). Selengkapnya kunjungi www.adira.co.id.
Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956, dan saat ini mengelola aset konsolidasi sebesar Rp232 triliun dengan anak perusahaannya, Adira Finance. Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG, dan 7,53% lainnya dimiliki oleh publik. Dalam melayani nasabah dari semua lini bisnis yaitu Retail, Usaha Kecil dan Menengah, serta Korporasi, Danamon didukung oleh jaringan distribusi sebanyak 836* kantor cabang konvensional dan unit Syariah, serta kantor cabang dan jaringan bisnis grup perusahaan Danamon di Indonesia.
Danamon, didukung oleh jaringan global dan lokalnya, bersama MUFG sebagai perusahaan induk yang merupakan salah satu grup jasa keuangan terbesar di dunia, memperkokoh kompetensinya melalui kehadiran jaringan Bank mitra global MUFG yaitu Vientin Bank di Vietnam, Security Bank di Filipina, dan Krungsri Bank di Thailand. Danamon juga diperkuat oleh
jaringan lokal dari grup perusahaannya yaitu Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Asuransi Indonesia, serta mitra strategisnya, berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial, guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang selalu berorientasi pada pelanggan dan terus berinovasi, demi memenuhi kebutuhan pemegang saham, nasabah, karyawan, dan regulator dengan menghadirkan solusi finansial menyeluruh agar dapat tumbuh bersama.
Bersama MUFG, grup perusahaan serta mitra strategisnya, Danamon memiliki kekuatan untuk melayani setiap bagian rantai pasok keuangan dalam memberikan dukungan finansial menyeluruh di berbagai sektor. Danamon hadir bersama Adira Finance dan Mandala Finance untuk memajukan ekosistem otomotif di Indonesia melalui pembiayaan untuk beragam merek dan produk kendaraan konvensional dan listrik, dengan akses layanan yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Bersama Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi dengan jangkauan mitra toko yang tersebar di 221* kota di Indonesia, Danamon memberikan kelegaan dalam membangun masa depan. Sementara, bersama Zurich Asuransi Indonesia sebagai penyedia jasa asuransi terkemuka, Danamon menunjukkan komitmennya untuk melindungi seluruh pemangku kepentingan. Danamon bersama grup perusahaan dan mitra strategisnya juga turut hadir melengkapi kemudahan nasabah dalam bertransaksi.
Didasari oleh visi “Kami Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan”, Danamon dan grup perusahaan serta mitra strategisnya menyadari pentingnya aspek keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Danamon senantiasa berupaya untuk melakukan berbagai upaya progresif menuju keuangan berkelanjutan dan mencapai Net Zero Carbon Emission dengan berpartisipasi dalam berbagai inisiatif pengembangan ekonomi hijau dan berkelanjutan di Tanah Air. Danamon juga telah terlibat dalam Bursa Karbon sebagai upaya untuk mendukung transisi ke energi terbarukan, dan melakukan berbagai inisiatif dekarbonisasi seperti implementasi penggunaan Panel Surya, Lampu LED, dan EV charging stations di gedung-gedung Danamon, serta peremajaan lingkungan hidup melalui penanaman pohon bakau.
Selain itu, dalam menjalankan bisnis serta untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya, Danamon menjunjung tinggi nilai perusahaan “BISA”, yang harus diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Danamon. Nilai-nilai tersebut meliputi Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani, dan Adaptif.
Berbagai upaya yang dilakukan Danamon telah membuahkan pengakuan dari berbagai lembaga yang diakui masyarakat, baik di dalam maupun di luar negeri. Misalnya, sepanjang tahun 2024, Danamon
mendapatkan penghargaan “Best Retail Bank Indonesia” pada Retail Bank International Asia Trailblazer 2024 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, “The 3rd Most Satisfying KBMI 3 Bank in Teller Service” pada Infobank Satisfaction, Loyalty, and Engagement Awards 2024, “Best Companies to Work for in Asia 2024” pada HR Asia Award 2024, serta sejumlah penghargaan lainnya, yang merupakan bentuk apresiasi atas keunggulan produk dan layanan finansial Danamon bagi seluruh nasabahnya.
*) Data per 30 Juni 2024
Tentang Zurich
Zurich Insurance Group (Zurich) adalah perusahaan asuransi multi-lini terkemuka yang melayani Nasabah dan bisnis di lebih dari 200 negara dan wilayah, sejak 150 tahun lalu. Sejalan dengan tujuannya untuk ‘mewujudkan masa depan yang lebih baik, bersama', Zurich bercita-cita untuk menjadi salah satu bisnis yang paling bertanggung jawab dan berdampak di dunia.
Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi umum serta asuransi jiwa melalui PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (Zurich Life). ZAI menyediakan produk dan layanan asuransi umum konvensional. Zurich Syariah memberikan layanan asuransi umum berbasis syariah. Zurich Life menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif melalui jaringan distributor (agen dan mitra bank).
Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 Hadir Di Pasar Legi, Dukung Salah Satu Penyangga Transaksi Ekonomi di Kota Solo
Reviewed by Admin Pusat
on
Rating:
Tidak ada komentar