Breaking News

Viral !, Mobil Bergambar Paslon di Dinas Pertanian, Ini Kata Praktisi Hukum

Komando Bhayangkara, Pemalang - Praktisi hukum sekaligus Dosen Imam Subiyanto, S.H, M.H, CPM (populer: Imam SBY) menanggapi viral nya video Mobil bergambar salah satu Paslon nomor 02 yaitu Calon Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, S.T,M.Ling dan Calon Wakil Bupati Pemalang Muhammad Bobby Dewantara di Dinas Pertanian Pemalang.

Berikut tanggapan Praktisi Hukum Imam Subiyanto, S.H, M.H, CPM terkait mobil pribadi bergambar pasangan calon Bupati yang masuk ke Dinas Pertanian.

Berikut tanggapan Imam Subiyanto, " hal ini tidak dapat langsung dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap netralitas ASN (Aparatur Sipil Negara), kendaraan pribadi yang bergambar pasangan calon bupati bukanlah fasilitas atau sarana milik negara atau instansi Pemerintah. 

Dalam konteks ini, selama kendaraan tersebut adalah milik pribadi dan bukan fasilitas dinas yang dipergunakan untuk kepentingan kampanye, maka tidak ada aturan yang secara spesifik melarang hal tersebut.

Netralitas ASN lebih ditekankan pada tindakan dan perilaku ASN itu sendiri, terutama jika mereka secara aktif mendukung atau terlibat dalam kegiatan politik praktis selama jam kerja atau menggunakan fasilitas negara untuk mendukung pasangan calon tertentu. Oleh karena itu, kasus mobil pribadi dengan gambar pasangan calon yang masuk ke area kantor pemerintahan tidak serta merta melanggar prinsip netralitas ASN, selama tidak ada unsur keterlibatan ASN secara langsung dalam kegiatan kampanye atau dukungan politik praktis.

Namun, ia menekankan bahwa ASN tetap harus menjaga prinsip netralitas dalam segala tindakan dan keputusan mereka, termasuk dalam menghadapi hal-hal yang berpotensi menimbulkan persepsi ketidaknetralan di masyarakat. Transparansi dan penegakan aturan yang jelas diperlukan agar hal ini tidak menimbulkan kesalahpahaman di kalangan publik.

Hal ini menjadi pelajaran penting tentang bagaimana media sosial dapat memengaruhi opini publik dan dampak yang ditimbulkan oleh konten yang tidak lengkap serta sebaiknya menggunakan media sosial dengan bijak.
(bondanMKB)

Viral !, Mobil Bergambar Paslon di Dinas Pertanian, Ini Kata Praktisi Hukum Viral !, Mobil Bergambar Paslon di Dinas Pertanian, Ini Kata Praktisi Hukum Reviewed by Admin Pemalang on Rating: 5

Tidak ada komentar